Jumat, 20 Sep 2024
Liputan KhususNasionalPopulerTerkiniViral

Cerdas Dalam Memilih Pemimpin Negeri

  VIVANEWS-ID.COM — Pemilihan Umum adalah proses demokratis untuk memilih wakil rakyat atau pejabat pemerintahan secara langsung oleh warga negara suatu negara. Pemilihan Umum merupakan mekanisme penting dalam sistem demokrasi modern yang memungkinkan rakyat untuk berpartisipasi dalam menentukan pemimpin dan kebijakan negara. Tujuan utama dari pemilu adalah memberikan kesempatan kepada warga negara untuk menyampaikan suara mereka dan memilih para pemimpin yang akan mewakili mereka di pemerintahan (Anissa Medina Sari).

Cerdas memilih calon pemimpin negeri tentunya sangat penting bagi para warga penduduk. Sebagai warga negara tentunya mempunyai masing-masing pilihan calon pemimpin negeri. Sebagai warga negara yang cerdas tentunya tidak hanya sekedar memilih saja namun harus dengan penelitian terlebih dahulu. Pemilihan calon pemimpin tidak boleh ada keterpaksaan atau hanya sekedar mengikuti namun memilih pemimpin harus dilihat terlebih dahulu dari beberapa aspek dan riset yang jelas.

 Hindari fomo dan konsisten dalam memilih calon pemimpin

Kualitas sang pemimpin negeri tentunya menjadi peran penting dalam kemajuan negeri ini. Saat ini berhubung mendekati pemilihan calon presiden dan wakil presiden tentunya kita sebagai warga negara harus cerdas dalam memilih pemimpin negeri ini. Memilih pemimpin tentunya bagaimana diri kita sendiri yang akan memilih siapa calon pemimpin selanjutnya, Namun sebelum memilih tentunya kita harus mencari tahu terlebih dahulu latar belakang dan visi, misi pemimpin yang akan kita pilih.

Masih ada sejumlah orang yang memilih pemimpin hanya karena fomo saja. Mereka fomo karena melihat konten di tiktok dan social media lainnya, lalu memilih tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Miria nya masih ada beberapa konten yang yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan hoax dari para capres dan cawapres, dan miris nya banyak netizen dengan gampangnya percaya begitu saja tanpa mencari fakta yang sebenarnya.

Contoh lainnya tidak hanya lewat konten tiktok atau konten di social media, adapun beberapa orang yang sekedar mengikuti anggota keluarga, atau temannya saja. Sedangkan dalam memilih pemimpin harus dari pikiran yang matang dengan riset yang jelas dan visi, misi para pemimpin. Tentunya semua calon pemimpin mempunyai visi,misi yang berbeda dan memiliki kelebihan tersendiri namun kita sebagai warga negara yang cerdas harus memilih yang sesuai dengan yang kita harapkan kedepannya bagi negara kita.

 Cara menentukan mana pemimpin yang baik bagi negeri dan jadilah pemilih yang cerdas

Menurut pendapat saya ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum memilih pemimpin yang tepat atau yang sesuai dengan visi,misi yang kita inginkan. Tentunya kita sebagai warga memiliki kepentingan dan ideologi yang berbeda beda. Hindarilah sifat fomo dalam memilih calon pemimpin negeri, mulailah memilih dengan melakukan riset-riset terlebih dahulu.

Dibawah ini merupakan hal-hal yang harus dilakukan sebelum mem pastikan memilih calon pemimpin adalah :
● Rekam jejak sang pemimpin
Mengetahui rekam jejak tentunya menjadi salah satu hal yang sangat penting sebelum melakukan pemilihan calon pemimpin negeri ini, seperti tinjau terlebih dahulu pengalaman dan prestasi para calon presiden dan wakil presiden, memperhatikan bagaimana para capres dan cawapres menanggapi tantangan yang sebelumnya mereka alami, bagaimana mereka mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan yang mereka hadapi di masa lalu.
● Visi dan Misi
Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memahami terlebih dahulu visi dan misi calon presiden untuk kemajuan masa depan negara ini, dan pastikan bahwa tujuan para calon presiden dan wakil presiden sejalan dengan kebutuhan dan nilai-nilai Masyarakat.
● Kompetensi
Perimbangan kualifikasi dan kemampuan calon presiden dalam mengelola pemerintahan,dan tinjau keahlian mereka dalam kebijakan ekonomi,luar negeri,Pendidikan dan sektor lainnya dengan cara menonton debat capres dan cawapres.
● Nilai dan Integritas
Perhatikan nilai-nilai moral dan etika calon pemimpin yang akan kita pilih, lalu evaluasi
sejauh mana mereka menjunjung tinggi integritas dan transparansi.
● Konsistensi
Amati terlebih dahulu apakah calon pemimpin yang akan kita pilih konsisten terhadap pandangan dan tindakannya, lalu pastikan bahwa perubahan sikap mereka di dasarkan pada pemahaman yang matang dan perubahan situasi yang rasional.
● Partisipasi pada public
Lihat sejauh mana para calon pemimpin bagaimana mempertimbangkan atau merespon
umpan balik dan kritik melalui pengalaman yang sudah dialaminya.
● Riwayat hidup pribadi
Yang terakhir adalah tinjau terlebih dahulu latar belakang calon pemimpin yang, dan pastikan bahwa mereka bebas dari kontroversi dan konflik kepentingan yang dapat mengganggu kepemimpinan mereka.

Diatas adalah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memastikan calon pemimpin yang baik. Mulai saat ini matilah kita memilih calon pemimpin negeri dengan cerdas dan sesuai dengan kepentingan dan ideologi masing-masing. Dalam pemilihan calon pemimpin hindarilah fomo dan golput karena memilih calon pemimpin bukan hanya sekedar nyoblos saja tetapi harus mempertimbangkan terlebih dahulu dan melakukan riset agar mematangkan pilihan calon pemimpin yang akan kita pilih.

 

Nama Penulis : Elza Sintya Rahma
Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Program Studi Komunikasi Digital dan Media

Tags:Cerdas Dalam Memilih PemimpinDemokrasi Sehat dan BerkualitasPemilu 2024


Baca Juga