Jumat, 20 Sep 2024
NasionalPendidikanPopulerTerkini

“Perayaan Pesta Demokrasi di Pemilu 2024”

  VIVANEWS-ID.COM–Ajang lima tahunan Indonesia telah dimulai, euphoria pesta sudah dapat dirasakan. Representasi pesta demokrasi sudah dapat dilihat dari antusiasme dan kegembiraan masyarakat dalam mengikuti segala bentuk kegiatan yang dibuat oleh masing-masing pasangan calon. Di tahun 2024 ada tiga pasangan calon yang maju untuk menjadi presiden dan wakil presiden, yaitu : Anies Baswedan dengan Cak Imin, Prabowo Subianto dengan Gibran, dan Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD.

Pemilu tahun ini lebih terasa sebagai pesta demokrasi yang sesungguhnya karena terasa lebih menyenangkan dan menggembirakan bagi masyarakat. Dimulai dari tersediannya wadah diskusi langsung untuk masyarakat, kesadaran masyarakat yang mulai meningkat mengenai politik, anak muda yang mulai ikut memberikan hak suara, dan pasangan calon yang memiliki kegiatan-kegiatan menarik dalam melakukan kampanye seperti diskusi langsung ke masyarakat. Hampir semua elemen masyarakat ikut memeriahkan pesta demokrasi yang diselenggarakan lima tahun sekali. Antusiasme generasi muda yang tidak kalah meriah karena sudah melek akan politik juga ikut memeriahkan pesta demokrasi ini. Tersediannya wadah untuk para generasi muda berdiskusi langsung juga merupakan wujud dari riang nya pesta demokrasi tahun ini. Semua ini tercermin dari masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam memberikan hak pendapat mereka.

 Tersedianya Wadah Diskusi Langsung untuk Masyarakat

Banyak nya masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan kampanye dari masing-masing pasangan calon juga merupakan representasi dari pesta demokrasi yang gembira, seperti kegiatan ”Tabrak Prof” ”Desak Anies” dan ”Gibran Mendengar” yang lebih membuat antusiasme masyarakat ikut lebih berperan aktif untuk berdialog langsung dengan para pasangan calon. Terobosan-terobosan baru inilah yang membuat masyarakat lebih merasa bahwa tahun inilah pesta demokrasi yang sesungguhnya. Semua turut serta dalam menikmati pesta demokrasi ini.

Tersedianya wadah untuk berdiskusi langsung dengan masyarakat merupakan wujud untuk meningkatkan kualitas dalam demokrasi suatu negara. Berdiskusi langsung dengan para pasangan calon membuat masyarakat lebih dapat menyampaikan aspirasi dan kritik dan lebih memahami kebutuhan dan keinginan masyarakat, hal ini juga menjadi ajang bagi masyarakat untuk lebih memahami setiap visi dan misi dari masing-masing calon. Selain itu, masyarakat juga merasa lebih dekat dengan para pasangan calon karna berkesempatan langsung untuk berdialog dengan mereka.

 Meningkatnya Kesadaran Politik Masyarakat

Perkembangan akses teknologi dan informasi di sekarang ini membuat masyarakat lebih melek terhadap politik, kemajuan dalam aspek teknologi dan informasi mempermudah masyarakat untuk mengakses segala informasi yang ada mengenai pesta demokrasi ini. Banyak

partai-partai politik memanfaatkan perkembangan akses teknologi dan informasi yang telah berkembang saat ini, penggunaan media sosial sebagai salah satu media untuk menyampaikan informasi mengenai setiap berita yang beredar membuat masyarakat menjadi lebih melek terhadap politik. Pengaruh media sosial terhadap meningkatnya kesadaran berpolitik masyarakat sangat lah besar.

Salah satu wujud langsung mengenai kemajuan teknologi dan informasi adalah adanya website bijakmemilih.id yang dibuat untuk mencari informasi mengenai segala rangkuman berita yang tersebar mengenai pemilu. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan teknologi dapat berpengaruh besar dalam membangun kekuatan baru di dunia digital. Banyak masyarakat yang mulai lebih aktif dan tertarik ke dalam dunia politik karena penggunaan akses teknologi yang sudah berkembang. Selain itu, kehadiran website bijakmemilih.id mampu menjangkau lebih banyak partisipasi masyarakat untuk lebih sadar akan politik yang sedang terjadi.

 Anak Muda yang Mulai Memberikan Hak Suara

Jumlah pemilih di tahun 2024 mulai didominasi oleh para pemilih muda yang baru mulai memberikan hak suara mereka.Kaum anak muda merupakan sebuah aset berharga bagi sebuah bangsa, hal ini dikarenakan suara dari mereka sangat dibutuhkan saat pesta demokrasi ini berlangsung. Partisipasi anak muda yang mulai aktif untuk melek dalam politik menjadi momen pesta demokrasi yang lebih bervariatif karena ada semangat baru dalam berdemokrasi. Anak muda sekarang juga mulai sadar akan pentingnya hak suara mereka. Anak muda mulai meningkatkan minat mereka terhadap perkembangan isu-isu politik yang beredar, mereka juga mulai ikut serta dalam kegiatan diskusi publik yang diselenggarakan oleh masing-masing calon, hal ini menunjukkan bahwa anak muda Indonesia semakin sadar akan pentingnya partisipasi politik.

Keikutsertaan generasi muda dalam memberikan hak suara mereka diharapkan dapat mampu membawa perubahan positif bagi masa depan bangsa. Suara kaum generasi muda inilah yang sangat berpengaruh karena dinilai sebagai perwujudan dari sebuah demokrasi yang sehat bagi sebuah bangsa. Oleh karena itu, pemanfaatan suara anak muda yang baru memberikan hak pilih mereka sangatlah penting, disinilah mereka memanfaatkan momentum hak pilih mereka untuk keberlanjutan masa depan mereka.

 Kegiatan Kampanye Menarik Setiap Pasangan Calon

Setiap pasangan calon mengemas kegiatan kampanye mereka secara menarik agar dapat diterima oleh setiap elemen masyarakat. Mulai dari bertemu langsung dengan masyarakat hingga kampanye lewat media sosial, berbagai kegiatan dilakukan oleh masing-masing pasangan calon untuk mencari suara dukungan untuk mereka. Banyak ”framing” yang diberikan oleh para pendukung untuk mendukung kampanye yang lebih menarik dan interaktif, setiap pasangan calon juga memanfaatkan media sosial untuk berkampanye. Lewat media sosial pula para pendukung dari setiap pasangan calon memberikan panggilan-panggilan menarik bagi pasangan yang didukung.

Layaknya sebuah pesta demokrasi, semua orang harus merasakan riang dan gembira. Kita semua berpesta untuk merayakan sebuah pesta yang diselenggarakan oleh rakyat dan untuk rakyat. Kegembiraan harus dirasakan oleh setiap masyarakat, di tahun ini perayaan pesta demokrasi menunjukan respon positif dari partisipasi masyarakat hingga kebebasan berekspresi. Oleh karena itu, mari kita merayakan pesta demokrasi selayaknya pesta demokrasi yang riang gembira serta penuh dengan suka dan cita.

 

Nama : Rafa Anindita Sadira
Mahasiswi Sekolah Vokasi IPB University Program Studi Komunikasi Digital dan Media

Tags:Adu Visi&MisiPemilu 2024Pesta DemokrasiPesta Rakyat


Baca Juga